Curhatan terkait Salah dan double job dan bagaimana penanganannya


Assalamualaikum wr wb
Alhamdulillah dpt menulis lagi di blok setelah seminggu yg lalu sibuk banget dan sakit selama beberapa hari..kali ini saya membahas inbox curhatan dari teman kita yang masuk ke facebook saya..berikut curhatannya:
"Malem pak hakun marta
Maaf pa saya punya masalah tentang job saya,disini saya di kerjakan di luar job,sudah 5 bulan pertama saya tiba disini,saya bekerja di kebun milik nenek saya tiap kali sayuran habis pasti ama ngajaki saya buat bercocok tanam di kebun setelah sayuran Udah siap di panen kitapun terjun ke taman buat manen sayur,yg parahnya lagi saya sama ama jualan sayur hampir satu minggu 4x sehari bisa nyampe 3x jualan,kita jual keliling kompleks Sampe sayur habis star jualan dari jam 6 pagi nyampe sayur habis,paling lama pulang jam 9 pagi,kalo sayuran masih belum habis ama nanbahin sayuran buat di jual lagi di pasar,parahnya lagi saya pernah jualan sayur sendiri di pasar di biarin sendirian sama ama,di situ saya miris pa,saya yg belum tai bahasa suruh jualan sayur saya jualan sekenane saya,biasanya kalo jualan sore mulai jam 3~6 Pulang jualan saya harus nyirami sayuran,kadang pulang jualannya akong saya marah2 karena beliau ga kerawat, ama sama akong saya susah buat di satuin Maunya akong saya suruh jaga dia ga boleh kerja yg lain, tapi maunya ama saya suruh ngerjain Semua Kerjaan rumah

nah permasalahan diatas adalah salah job dan double job yang sangat banyak terjadi di Taiwan. berikut saya ambilkan dari buku INSPIRASI BMI TAIWAN tentang definisi dan cara menangani salah job dan double job.Salah job apabila anda diperkerjakan tidak sesuai dengan yang ada di kontrak kerja. misal dikontrak kerja menjaga amak/akong tetapi bekerja direstauran atau menjual sayur di pasar seperti diatas, sedangkan doule job apabila bekerja sudah sesuai dengan kontrak kerja tetapi masih disuruh mengerjakan pekerjaan lain yg tidak ada di kontrakkerja. seperti disuruh menanam sayur dll..

sebelum itu kita pahami dulu apa itu kontrak kerja yang harus kita pelajari karena terdapat hak dan kewajiban kita:
Definisi Kontrak kerja:
Perjanjian kerja antara majikan dengan TKI yang sudah disahkan oleh pihak KDEI Taipei dan dilegalisir oleh Pemerintah Indonesia (BP3TKI) tidak boleh dirubah secara sepihak oleh pihak majikan atau TKI. Apabila dipandang perlu dirubah, maka terlebih dahulu harus dilakukan negosiasi dan kemudian disetujui oleh ke dua belah pihak. Dalam kontrak kerja ini harus terdapat nama dan identitas majikan dan pekerja (alamat dan lain-lain) serta dalam 2 bahasa yakni bahasa majikan dan pekerja agar bisa dimengerti kedua belah pihak

Penanganan salah job atau double job:
1. Pahami dulu kontrak kerja terkait apa yang harus anda kerjakan selama berada di majikan tersebut, hak dan kewajiban anda.
2. apabila majikan menyuruh anda diluar pekerjaan yang tercantum di kontrak kerja, coba bilang pekerjaan itu diluar yang ada di kontrak kerja. apabila terus memaksa coba direkam pada saat majikan menyuruh atau memphoto pada saat anda bekerja diluar job. Hal ini sebagai bukti kuat pada saat anda melapor ke 1955.
3. Laporkan ke 1955 bilang pengaduan apabila majikan tetap memaksa dan laporkan bukti yg anda punya.
4. kalau tdk ada jawaban coba laporkan ke KDEI bisa ke alamat facebook bpk Dwi Anto dan Noerman Adiguno (BNP2TKI di Taiwan)
5. kalau tdk ada silahkan laporkan ke Bpk Arief Fadillah (Kepala KDEI)





Comments

  1. SAYA INGIN BERBAGI CERITA KEPADA SEMUA ORANG BAHWA MUNKIN AKU ADALAH ORANG YANG PALING MISKIN DIDUNIA DAN SAYA HIDUP BERSAMA ISTRI DAN 3 BUAH HATI SAYA SELAMA 10 TAHUN DAN 10 TAHUN ITU KAMI TIDAK PERNAH MERASAKAN YANG NAMANYA KEMEWAHAN,,SETIAP HARI SAYA SELALU MEMBANTIN TULANG BERSAMA SUAMI SAYA UNTUK KELUARGA SAYA NAMUN ITU SEMUA TIDAK PERNAH CUKUP UNTUK KEBUTUHAN HIDUP KELUARGA SAYA..AKHIRNYA AKU PILIH JALAN TOGEL INI DAN SUDAH BANYAK PARA NORMALYANG SAYA HUBUNGI NAMUN ITU SEMUA TIDAK PERNAH MEMBAWAKAN HASIL DAN DISITULAH AKU SEMPAT PUTUS ASA AKHIRNYA ADA SEORANG TEMAN YANG MEMBERIKAN NOMOR AKI MURSAN,,SAYA PIKIR TIDAK ADA SALAHNYA JUGA SAYA COBA LAGI UNTUK MENGHUBUNGI KY MURSANG DAN AKHIRNYA AKI MURSANG MEMBERIKAN ANGKA RITUWAL DAN ALHAMDULILLAH BERHASIL..KINI SAYA SANGAT BERSYUKUR MELIHAT KEHIDUPAN KELUARGA SAYA SUDAH JAUH LEBIH BAIK DARI SEBELUMNYA,DAN TANDA TERIMAH KASIH SAYA KEPADA AKI MURSANG SETIAP SAYA DAPAT RUANGAN PASTI SAYA BERKOMENTAR TENTANG KY MURSANG…BAGI ANDA YANG INGIN SEPERTI SAYA SILAHKAN HUBUNGI AKI MURSANG DI: 085 352 256 039
    ATAU >>KLIK DISINI<<

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Usaha Kerang dan analisis usahanya

alamat penting dan kata-kata mandarin penting

GANTI MAJIKAN menurut kontrak kerja + Tips cara mengatasinya