Masuk sabtu dan minggu apa terhitung lemburan?


Asslamualakum siang bpk Hakun Marta saya mau tanya tman sya kerja pabrik tp sma skli gk da libur slain konien dan medikal, sabtu mnggu masuk trus plang jam 5.

Jawaban:
Waalaikumsalam wr wb mbak yg ada ditaiwan. Terimakasih atas pertanyaannya dan saya mencoba menjawab.
Pertama2 harus kita perhatikan peraturan ketenagakerjaan di Taiwan.
untuk sektor formal  waktu kerja 2 hari sabtu untuk 1 bln dan hari senin sampai jum'at (5 hari dalam seminggu) dengan masa kerja 8 jam selama sehari, selebihnya dianggap libur. Sedangkan untuk informal 6 hari masuk dan 1 hari libur. apabila pada hari libur disuruh masuk oleh majikan maka harus dianggap sebagai lembur.
JADI MENURUT KETERANGAN DIATAS HARI MINGGU DAN 2 HARI SABTU TIAP BULAN APABILA ANDA TETAP KERJA DIHITUNG LEMBUR.
adapun perhitungan lemburan untuk sektor informal hitungannya perhari diganti dengan gaji perhari (gaji pokok dibagi 30 hari). Sedangkan untuk sektor formal sedikit agak rumit dengan perincian sebagai berikut:
-            2 jam pertama waktu lembur: NT$ 80.3 x 1.33 = NT$ 106.8/jam.
-            Jam-jam lembur berikutnya: NT$ 80.3x 1.67    = NT$ 134,1 /jam.
catatan 80,3 berasal dari 19273 /(30 hari x 8jam); 1.33 dan 1.67 merupakan besaran dari peraturan ketenagakerjaan Taiwan.
Dengan catatan gaji pokok masih 19273.


berikut penjelasan yang saya cuplik dari buku saya INSPIRASI BMI TAIWAN 'TIPS AMAN BEKERJA DI TAIWAN DAN PULANG JADI PENGUSAHA" bab 2 hal 36

upah diatas adalah upah minimum lemburan di taiwan, jadi tidak boleh dibawah standar diatas.
Beberapa informasi yang harus diperhatikan terkait lemburan:
-       Majikan Anda harus membayar upah minimum lemburan. Jika upah lemburan anda di bawah standar, anda memiliki hak untuk menuntut majikan agar membayar upah lembur anda. Jika upah lemburan anda lebih tinggi dari upah standar, majikan Anda harus meneruskan standar ini. Majikan Anda tidak bisa menurunkan upah lemburan tanpa persetujuan dari Anda.
-       “Tak Kerja, Tak Dibayar” adalah tidak sah. Majikan Anda tidak bisa memotong gaji Anda karena “tidak ada orderan” untuk perusahaan, (mis. tak ada pesanan, atau kekurangan bahan baku, dst.) Jika hal ini terjadi, Anda bisa meminta majikan Anda untuk menghentikan praktik ini dan membayarkan kembali upah Anda yang belum dibayar.
-       “Buban (補班)” adalah tidak sah. “Buban” adalah pengganti-an jadual kerja tetap tanpa dihitung sebagai lemburan. Anda me-miliki hak untuk menolak. Jika Anda menyanggupi “Buban”, Anda memiliki hak untuk menerima uang lemburan, tetapi Anda harus mengajukan tuntutan segera.
-       “Tiaoban” artinya perubahan jadual kerja dari hari kerja ke hari lain yang bukan hari kerja. Tiaoban adalah sah sejauh Anda menyetujuinya.

Jenis Pelanggaran yang terjadi:
1.    Upah lemburan yang diterima dibawah standar upah lemburan minimal yang ditetapkan pemerintah Taiwan.
2.    Majikan tidak mau membayar upah lemburan karena dianggap jam kerja seperti hari biasa.
3.    Pada Umumnya sektor informal hari minggu masuk dan langsung dibayarkan bersama gaji dengan total 17.952NT (gaji:15.840NT + lemburan 2112NT). Kenyataan dilapangan dibayarkan kurang dari itu.

Tips cara mengatasi:
1.    Pelajari dengan seksama dan teliti peraturan terkait lemburan di Taiwan. Apabila kurang jelas silahkan bertanya kepada pihak yang berkompeten seperti 1955, satgas KDEI atau forum resmi KDEI di facebook yakni Satgas KDEI-2.
2.    Coba bicarakan baik-baik dengan majikan tentang upah lemburan yang belum terbayarkan atau dibawah standar upah minimum lemburan dari pemerintah Taiwan kalau perlu minta bantuan agency.
3.    Kalau tidak ada tindakan anda bisa laporkan ke 1955 bilang pengaduan, catat nama penerima dan jam berapa anda melapornya, lakukan sampai 3x. Apabila tidak ada tindakan silahkan lapor ke satgas KDEI atau KDEI.
Sambil menunggu pihak konseling datang persiapkan bukti berupa slip gaji yang menyatakan adanya pelanggaran dalam upah lemburan dan absen masuk kerja.

Comments

  1. misal nya sabtu atau minggu kerja apakah bisa di ganti bulan berikutnya utk ganti hari libur nya atau pas pabrik dalam kondisi sepi itu baru di kasih libur
    Adakah sistem pabrik yg seperti itu
    . Tolong pencerahan ya

    ReplyDelete
  2. Saya riyan pmi di taiwan bekerja di pabrik tekstil di daerah touyuan,
    Mau tanya,
    Jadi pabrik saya ini sering meliburkan kita hari jumat sampai minggu ,tetapi menjadi hutang bagi kita.

    ReplyDelete
  3. Apabila suatu hari kita disuruh masuk kerja hari libur untuk ganti hari jumat tersebut dan kita menolak untuk kerja ,apa kita salah?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Usaha Kerang dan analisis usahanya

alamat penting dan kata-kata mandarin penting

GANTI MAJIKAN menurut kontrak kerja + Tips cara mengatasinya