TIPS bagaimana terhindar dari Jobs Fiktif


Assalamualaikum wr wb

Pertama-tama saya ucapkan selamat hari Buruh kepada rekan2 sekalian smg kedepannya Buruh akan semakin sejahterah dan tidak gampang ditindas atau dibodohi oleh orrang tidak bertanggung jawab.
nah mengenai ini sebaiknya kita banyak membaca dan sharing pengalaman dengan orang yang tepat agar tidak gampang ditindas org.
berikut saya coba share tulisan saya dan hasil wwcr saya brsama salah satu pejabat di Depnaker dan BNP2TKi ketika masih aktif menjadi wartawan tentang banyaknya "jobs fiktik" yang ditawarkan oleh PPTKIS abal-abal..berikut kisahnya:

Maraknya iklan tawaran lowongan kerja ke Kanada melalui Short Message Service (SMS) dan iklan di harian media cetak atau nasional, mulai disikapi oleh pemerintah. Hal ini disebabkan Kanada dan negara negara di kawasan Eropa Barat lainnya saat ini memberlakukan aturan yang sangat ketat untuk tenaga kerja asing (TKA), termasuk juga untuk tenaga kerja Indonesia (TKI) terutama untuk kriteria tenaga kerja yang tidak punya ketrampilan (low skill). Jadi pengiriman tenaga kerja kesana sangat sulit seperti yang diutarakan Direktur Pemetaan dan Harmonisasi Kawasan Tenaga Kerja Luar Negeri (PHK-TKLN) II BNP2TKI, Elia Rosalia Afif. Dia menghimbau kepada masyarakat agar mewaspadai adanya tawaran lowongan kerja ke Kanada melalui iklan media cetak maupun online.
Himbauan Elia ini sekaligus menjawab beberapa warga Sidoarjo yang bertanya ke Kantor Pos Pelayanan Penempatan dan Perlindungan (P4TKI) Sidoarjo mengenai lowongan kerja di Kanada. Tepatnya, di Harian Surya edisi hari Jumat 19 juni lalu dimana terdapat iklan mengenai tawaran kerja ke Kanada. Untuk menarik peminat, si pemasang iklan mencantumkan nomor HP 085777781341. Ketika ditanya melalui Short Message Service (SMS) mengenai berminat kerja ke Kanada, si pemasang iklan kemudian membalas dengan jawaban sebagai berikut, “Kami dari AQSA JUSTITIA MANDIRI, perusahaan pendanaan Buruh Migran Indonesia (BMI) Job Kanada industri (packaging). Syarat L/P 20 – 42 tahun, minimal SLTA sederajat, diizinkan keluarga.” Iklan seperti ini belum tentu bisa menyediakan pekerjaan atau job di Kanada mengingat makin ketatnya peraturan negara tersebut atau hanya sekedar untuk mencari uang ditengah ketidaktahuan calon TKI terhadap kondisi peraturan ketenagakerjaan di Kanada. “Karena ketatnya peraturan untuk bisa masuk kerja ke Kanada itu, kiranya tidaklah mungkin masyarakat awam kita dapat menembusnya. Pemerintah Indonesia hingga saat ini belum berhasil menembus aturan itu, apalagi masyarakat awam,” kata Elin.

Contoh diatas adalah untuk lowongan ke Kanada yang banyak diiklankan di media cetak nasional, ada beberapa juga lowongan ke beberapa negara termasuk Taiwan.saya pernah mendapat curhatan dari rekan-rekan saudara mengenai sudah hampir setahun dia tinggal di PPTKIS dan tidak diberangkat2kan dan akhirnya PPTKIS tersebut memberikan solusi berangkat dengan visa turis (jelas ini ilegal dan melanggar hukum ketenagakerjaan di Taiwan). berikut langkah yang diambil supaya tidak tertipu jobs fiktif yang ditawarkan oleh PPTKIS:
1. Coba berkoordinasi dengan P4TKI yang terdekat di kota anda untuk mengecek kebenaran dari job yang ditawarkan PPTKIS tersebut.
2. coba anda check di link berikut tentang kebenaran jobs tersebut apa memang benar-benar ada atau hanya fiktif belaka:
http://jobsinfo.bnp2tki.go.id/portal/
jobs ini jelas sudah diverifikasi oleh pemerintah karena sudah ada dalam website resmi pemerintah.

semoga bisa membantu, mari kita banyak membaca agar paham mengenai peraturan dan tidak gampang dibodohi.....tetap semangangat utk masa depan yg lebih baik,,,














Comments

Popular posts from this blog

Usaha Kerang dan analisis usahanya

alamat penting dan kata-kata mandarin penting

GANTI MAJIKAN menurut kontrak kerja + Tips cara mengatasinya