TIPS meminimalkan penipuan dunia maya




Penipuan di dunia maya marak terjadi di kalangan Buruh Migrain Indonesia atau yang lebih dikenal dengan BMI. Banyak BMI di Taiwan menjadi korban para aktor penipu ini. Untuk tidak menjadi korban para penipu dunia maya ini ada beberapa langkah yang harus dilakukan yakni: langkah awal yang bisa dilakukan untuk meyakinkan apakah itu penipuan atau bukan, minimal menghindari dari kejahatan yang mereka lakukan dengan cara mengumpulkan informasi melalui google.com. Langkah ini sangat efektif ketika mendapat email atau inbox lewat facebook dari para penipu dunia maya ini karena bisa mendapatkan info bahwa orang tersebut memang mafia penipu dunia maya. Bahkan kita juga bisa mendapatkan link orang-orang yang memerangi mereka dan menyebarluaskan kejahatan mereka. Jadi, kita lebih banyak mengetahui motif kejahatan-kejahatan mafia dunia maya.
Langkah kedua, mendapatkan second opinion atau pendapat lain dari email atau inbox yang kita dapatkan. Bertanya kepada kawan atau kepada orang yang mengetahui tentang hal ini seperti para Satgas KDEI ataupun organisasi ketenagakerjaan di Taiwan seperti Ikatan Pekerja Indonesia Taiwan (IPIT) . Boleh jadi mereka yang kita tanyakan pernah mengetahui kasus-kasus seperti itu. Selain itu jangan mudah percaya dan bangga bisa berkenalan di dunia maya. Karena apabila kita tidak hati-hati kita bisa menjadi salah satu korban penipuan.
Kedua langkah awal ini akan cukup efektif  untuk meminimalkan penipuan di dunia maya bagi mereka yang tidak familiar dengan dunia internet.  Sebab, rata-rata yang terkena modus penipuan itu biasanya karena tidak lebih ingin tahu mengenai mereka. Semoga TIPS ini bisa memberikan sedikit pencerahan agar para BMI lebih berhati-hati dalam menyelami dunia maya dan berkenalan denga siapa saja didunia maya ini. Jangan mudah tergiur dengan omongan manis dan janji-janji yang bisa membuat kita menjadi korban penipuan. Semoga langkah ini bisa meminimalkan para korban penipuan didunia maya.

Comments

Popular posts from this blog

Usaha Kerang dan analisis usahanya

alamat penting dan kata-kata mandarin penting

GANTI MAJIKAN menurut kontrak kerja + Tips cara mengatasinya