TIPS AMAN BEKERJA DI TAIWAN


Assalamualaikum wr wb
banyak permasalahan yang ada di Taiwan kebanyakan karena yang bersangkutan kurang paham dengan budaya, bahasa dan kebiasaan dari masyarakat Taiwan. banyak PPTKIS dan pemerintah dalam hal ini BNP2TKI terlihat hanya sekedar hanya memberikan edukasi untuk masalah ini "ala kadarnya" dan sekedar hanya sebagai formalitas. Hal ini membuat banyak rekan-rekan kita terpaksa harus kembali ke tanah air karena tidak tahan dengan budaya masyarakat taiwan. harapun memburu rezeki ditanah perantauanpun kandas..
seperti saudara kita sebut saja namanya X yang bekerja di sektor informal di Taipei (data pengaduan Satgas KDEI 2014). karena tidak tahan terus dibentak majikannya (padahal rata2 org Taiwan kalau berkata selalu bersuara keras) dan disuruh masak babi. hal ini membuat saudara kita memutuskan pulang padahal baru bekerja 2 minggu.
Supaya hal ini tidak terjadi kepada kita, sebelum memutuskan untuk bekerja di Taiwan atau negara lainnya, sebaiknya anda mempelajari terlebih dahulu, bahasa, budaya dan kebiasaan masyarakatnya, iklim dan cuaca serta makanan dinegara tersebut. apa kira-kira kita bisa mentolerir dan bekerja secara maksimal dengan pola mereka. berikut saya cuplik dari buku saya INSPIRASI BMI TAIWAN 'TIPS AMAN BEKERJA DI TAIWAN DAN PULANG MENJADI PENGUSAHA' bab I hal 1-8 mengenai Iklim, budaya dan adat istiadat serta makanan favorit orang Taiwan.

SEJARAH TAIWAN

Taiwan dahulu dihuni oleh suku pribumi keturunan Malaya ketika orang Cina dari wilayah yang sekarang disebut sebagai Fukien dan Kwangtung mulai menetap di abad ke-7. Mereka menjadi penghuni mayoritas di wilayah tersebut. Taiwan menjadi wilayah yang tetap diklaim merupakan bagian dari wilayah Republik Rakyat Cina, namun pemerintah Taiwan mendapat dukungan dari pelbagai negara di PBB untuk tetap dinyatakan merdeka dan berdaulat



Penduduk Taiwan (人口)
Penduduk Taiwan melampaui 22.560.000 jiwa pada Agustus 2003. Kota Kaohsiung di selatan adalah wilayah paling padat penduduk, diikuti Taipei di utara, dan Taichung di Taiwan tengah. Hampir 70 prosen dari populasi penduduk Taiwan terkonsentrasi di daerah metropolitan. Pada Desember 2002, Taipei Keelung menjadi sebuah wilayah metropolitan yang dihuni 6.580.000 penduduk atau 42,42 prosen dari total penduduk perkotaan Taiwan. Selama beberapa dekade terakhir, usia rata-rata penduduk Taiwan telah meningkat sebesar 1,8 prosen. Pada akhir 2002, jumlah dengan usia di atas 65 tahun melebihi 9 prosen dari total populasi. Data tersebut sekaligus menunjukkan gejala peningkatan jumlah lansia diperkirakan akan terus berlanjut



Bahasa dan Budaya Masyarakat Taiwan
Bahasa dan dialek yang diucapkan di Taiwan memiliki asal-usul mereka di Austronesia dan sistem bahasa Han. Bahasa-bahasa Austronesia yang dituturkan oleh masyarakat adat Taiwan, sedangkan dialek Han yang paling umum seperti Minnase dan Hakka, digunakan oleh mereka yang nenek moyangnya berimigrasi dari China Fujian dan Provinsi Guangdong.
Agama Budha dan Tao adalah Kepercayaan yang dianut oleh sebagian besar masyarakat Taiwan, sehingga banyak pemikiran dan kebiasaan dari kedua kepercayaan ini telah masuk dan menyatu dengan kebiasaan sehari-hari warga setempat terlebih bagi mereka yang telah berusia tua. Misalnya Altar leluhur tidak boleh dipindah sesuka hati atau menggosok jangan terlalu keras.Selain itu pada saat tahun baru tidak boleh menangis atau memecahkan barang serta mengucapkan kata-kata yang tidak pantas. Pada saat berkabung tidak boleh mengenakan pakain yang terlalu menyolok dan lain-lain.




Cuaca
Taiwan memiliki tiga musim yakni musim panas pada bulan Mei hingga September dengan perkiraan suhu Antara 25°C hingga 38°C dan sering terdapat angina ribut atau lebih dikenal dengan typon. Yang kedua adalah musim dingin yang terjadi pada bulan Desember hingga januari. Pada musim ini biasanya suhu berkisar Antara 5°C hingga 20°C dan sering terjadi hujan. Disarankan apabila keluar memakai jaket tebal dan payung supaya anda tidak gampang terkena influenza. Musim yang terakhir adalah musim gugur. Musim ini terjadi pada bulan februari hingga awal mei dengan suhu berkisar Antara 20°C hingga 30°C. 



Perayaan Hari Tradisional Masyarakat Taiwan
Tahun Baru Imlek
Ini adalah hari special bagi masyarakat Taiwan seperti hari Raya Iedul Fitri di Indonesia.  Pada hari ini merupakan perayaan tahun baru China dan biasanya masyarakat Taiwan berpergian kesuatu tempat dan berkumpul dengan keluarga. Peristiwa yang Biasanya dilaksanakan pada akhir januari hingga awal februari ini membuat banyak toko, pasar dan kantin tutup selama seminggu. Disarankan sebelum hari ini tiba untuk menyimpan persediaan makanan dan kebutuhan sehari-hari selama seminggu

lebih lengkapnya anda bisa membaca di buku INSPIRASI BMI TAIWAN, semoga bermanfaat dan tetap semangat untuk masa depan yang lebih baik




Comments

Popular posts from this blog

Usaha Kerang dan analisis usahanya

alamat penting dan kata-kata mandarin penting

GANTI MAJIKAN menurut kontrak kerja + Tips cara mengatasinya