Tips setelah tidak Menjadi BMI: Layak atau tidaknya usaha tersebut


kadang kita ditawari untuk investasi usaha misalnya penggemukan sapi atau mengikuti asuransi pendidikan, hari tua dll..kadang kita masih ragu dan berpikir ulang apakah kira2 usaha dan investasi asuransi tersebut menguntungkan atau tidak..nah didalam materi wirausaha atau entrepreneur itu ada yang namanya kelayakan bisnis atau nama kerennya feasibility study. dimana kita bisa menilai apakah usaha atau investasi tersebut layak kita kerjakan.
  • berikutdefinisiya: suatu penelitian tentang layak tidaknya suatu bisnis dilaksanakan dengan    menguntungkan secara terus menerus
  • Analisa ini digunakan untuk:
         1.Untuk merintis usaha baru
         2.Untuk mengembangkan usaha yang sudah ada
         3.Untuk memilih jenis usaha atau investasi  yang paling mengun-tungkan
  • Beberapa komponen yang harus dianalisis diantaranya (apabila kita gunakan utk usaha), analis pasar dan produk:
  1. 1. Kebutuhan dan keinginan konsumen--> seberapa besaar konsumen menginginkan barang kita
          2.Segmentasi pasar (Konsumen mana yang akan kita tuju untuk menjual barang kita)
          3. Masa Hidup produk (Product life Cycle)--> seperti menjual pakean musim dingin ya menjual pada saat musim dingin tdk bs di musim kemarau
          4 kompeetitor atau pesaing kita--> kira2 apa ada lebihya produk kita dengan pesaing misal lebih murah, kualitas lebih bagus dll
  • Cara analisanya dengan perhitungan salah satunya dgn metode Payback Periode (PBP)
  —DefinisMerupakan suatu periode yang diperlukan untuk menutup kembali pengeluaran suatu investasi (capital outlays) dengan menggunakan aliran kas masuk neto (proceeds) yang diperoleh.
—      Layak tidaknya suatu peluang usaha tergantung berapa lama periode pengembalian modal, semakin cepat kembali berarti usaha tersebut semakin menguntungkan.
Rumus :
PBP = (Nilai investasi/ keuntungan yang akan diberikan) x 1 tahun 
  • Contoh
—      Suatu usaha membutuhkan investasi (capital outlays) sebesar Rp. 120.000.000,-. Aliran kas masuk (proceeds) diperkirakan Rp. 40.000.000 per tahun selama 6 tahun (sesuai jangka waktu pengembalian kredit yaitu selama 6 tahun). Berapa PBP-nya? Usaha tersebut layak atau tidak?
—    Jawab
    PBP = (120juta / 40juta) x 1 tahun = 3 tahun
   Artinya bahwa dari data diatas, usaha tersebut  kembali modal pada tahun ke 3 sehingga usaha tersebut layak (PBP < waktu pengembalian kredit)

Comments

Popular posts from this blog

Usaha Kerang dan analisis usahanya

alamat penting dan kata-kata mandarin penting

Asuransi di Taiwan