TIPS KESEHATAN cara mengatasi angin duduk

.

Sudah beberapa Buruh Migran Indonesia atau BMI menjadi salah satu korban penyakit angin duduk atau istilah medisnya Sindroma Koroner Akut (SKA) yang merupakan manifestasi klinis dari penyakit Jantung Koroner. Salah satu yang terjadi pada yang bekerja di Taichung. Pria ini harus kehilangan nyawanya setelah mengalami kejang-kejang dan hanya dalam waktu beberapa menit langsung menghembuskan nafas terakhirnya pada awal maret lalu.
Korban yang lain adalah Gunawan. Pria asal magetan ini harus kehilangan nyawanya karena penyakit angina duduk pada pertengahan tahun lalu. Angin Duduk yang disebut juga dengan Sindrom Jantung Koroner Akut merupakan gejala nyeri didada, perut kembung, ulu hati terasa ditusuk sehingga menimbulkan rasa mual dan dianggap lebih parah daripada masuk angina pada umumnya. Apabila tidak ditangani, hanya dalam 15 menit sampai 30 menit, orang yang terserang angin duduk bisa meninggal. Padahal, penderita, sebelumnya terlihat sehat-sehat saja.

Penyebab terjadinya angin duduk:

Yang menyebabkan angin duduk ini akibat dari penyumbatan pada arteri koronaria, yang menyebabkan yang memberikan makanan ke oksigen tidak dapat lagi berfungsi sebagai mana mestinya, faktor lainnya yang juga menyebabkan arteri koronaria ialah:

  • Terinfeksinya pembuluh darah
  • Kejang yang mengakibatkan pembuluh darah tersumbat
  • Penyumbatan sel darah merah
  • Penumpukan kolesterol jahat didalam pembuluh darah

Gejala angin duduk

Berikut ini gejala yang umum terjadi
  • Keluarnya keringat dingin
  • Perut terasa kembung
  • Terasa sakit pada bagian dada dan seperti ada yang menekan
  • Seperti masuk angin parah
  • Mual akibat ulu harti seperti tertusuk
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit angin duduk seperti yang dikutip dari lamanHarian Sumut Pos (6/7/2013), di antaranya adalah:
  • Konsumsi buah buahan dan sayuran serta fiber.
  • Hindari makanan makanan cepat saji yang biasanya memiliki kolesterol tinggi.
  • Hindari marah-marah. Marah-marah yang berlebihan akan membuat otak panas, darah bergerak cepat dan jantung berdetak keras yang akan mengakibatkan menyempitnya pembuluh darah.
  • Stres bisa berakibat kinerja tubuh serta otak dipaksa untuk bekerja secara berlebihan. Untuk itu, hindarilah stres untuk mencegah penyakit jantung koroner.
  • Jika terjadi rasa nyeri di dada, sebaiknya untuk tidak melakukan aktifitas fisik apapun termasuk berhubungan dengan istri.
berikut ini tips cara mengatasi angin duduk:
- Cara Pertama, jika Anda mengalami atau mengetahui ada seseorang yang merasakan kondisi seperti tersebut di atas, makacara yang paling tepat adalah pergi ke dokter atau rumah sakit. Akan tetapi, bila rumah sakit jauh, maka masing-masing diri dapat menangani dirinya sendiri. Cara yang paling mudah adalah coba batuk dengan sekeras-kerasnya. Walau sebenarnya tidak ada keinginan batuk, tapi cobalah batuk dengan keras selama beberapa kali.
- Cara kedua, cara lain yang bisa coba Anda lakukan adalah dengan menghirup udara atau bernafas dalam-dalam, lalu mengeluarkannya. Ambil nafas dalam-dalam beberapa kali hingga dada tidak terasa sesak lagi. Ini adalah tips sederhana untuk mengatasi angin duduk yang sebenarnya angin duduk itu adalah seranagn jantung.
- cara ketiga untuk melonggarkan sumbatan yang terjadi yakni memberikan obat anti platelet (Sel pembeku darah) yang paling murah dan tersedia dipasaran yakni aspirin. Obat ini berfungsi untuk melonggarkan kembali pembuluh darah yang tersumbat dan mengatasi nyeri

Comments

  1. kaya nenekku, dia sehat wal afiat malamnya nonton organ tunggal dangdut. pagi pagi katanya pusing minta dikerok abis dikerok langsung meninggal

    ReplyDelete
  2. Musim dingin perut jadi sering kembung kalo aktifitas di luar , semoga sehat walafiat .
    Dan maksih infonya jadi lebih waspada

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Usaha Kerang dan analisis usahanya

alamat penting dan kata-kata mandarin penting

GANTI MAJIKAN menurut kontrak kerja + Tips cara mengatasinya