kasus double slip gaji dan bagaimana penanganannya

Assalamualaikum wr wb
baru-baru ini saya mendapat curhat dari teman kita dari sektor informal disuruh tanda tangan dua slip gaji oleh agency dengan selisih gaji hampir mencapai 2000.
ini adalah salah satu modus agency untuk mengambil keuntungan dari anda, biasanya yang uang yang diberikan ke anda yang slip gaji dengan nominal yang lebih kecil dan dilaporkan ke depnaker taiwan adalah slip gaji dengan nominal yang lebih besar.

kalau ada permasalahan seperti ini langkah yang bisa anda ambil adalah :

1. coba pelajari kontrak kerja dengan teliti, karena disana tercantum gaji anda sesuai kesepakatan antara anda dengan majikan.
berikut definisi kontrak kerja yang saya ambil dari buku saya INSPIRASI BMI:
Perjanjian kerja antara majikan dengan BMI yang sudah disahkan oleh pihak KDEI Taipei dan dilegalisir oleh Pemerintah Indonesia (BP3TKI) tidak boleh dirubah secara sepihak oleh pihak majikan atau BMI. Apabila dipandang perlu dirubah, maka terlebih dahulu harus dilakukan negosiasi dan kemudian disetujui oleh ke dua belah pihak. Dalam kontrak kerja ini harus terdapat nama dan identitas majikan dan pekerja (alamat dan lain-lain) serta dalam 2 bahasa yakni bahasa majikan dan pekerja agar bisa dimengerti kedua belah pihak

2. Anda harus berani menolak apabila disuruh tanda tangan dikedua slip gaji tersebut, apabila agency tetap menyuruh dan anda tidak berani menolak maka langkah yang anda bs ambil adalah mencoba memfoto bukti slip gaji tersebut atau merekam ketika agency menyuruh anda tanda tangan.karena bukti foto dan rekaman suara adalah bukti terkuat ketika dipersidangan nanti.

3. Laporkan ke 1955 bilang pengaduan, catat nama yang menerima dan jam berapa anda melapor, coba lakukan sampai 3x, apabila tidak ada tanggapan anda bisa laporkan ke satgas KDEI atau langsung ke BNP2TKI yang ada di Taiwan dengan alamat facebook bpk Noerman Adiguna dan Dwi Anto.



Comments

Popular posts from this blog

Usaha Kerang dan analisis usahanya

alamat penting dan kata-kata mandarin penting

GANTI MAJIKAN menurut kontrak kerja + Tips cara mengatasinya