Biaya Penempatan / BIAYA AGENSI dan Definisi CLA serta BLA
1. Jumlah biaya penempatan/biaya agensi menurut hukum tenaga kerja
(CLA) di Taiwan adalah satu bulan gaji di tambah biaya
dokumentasi. CLA menghimbau otoritas yang ber-wenang di negara
asal para buruh migran agar tidak menentukan biaya penempatan lebih
dari satu bulan gaji buruh migran. Silakan Anda menyadari hal ini dan
ikut serta menekan biaya agensi yang membubung tinggi di Indonesia.
2. Agensi Anda di Taiwan boleh menarik biaya layanan bulanan tidak
lebih dari tahun pertama: NT$ 1,800; tahun kedua: NT$ 1,700; tahun
ketiga: NT$ 1,500. Jika setelah bekerja selama 3 tahun, Anda kembali
bekerja di Taiwan dan dipekerjakan oleh majikan yang sama, biaya jasa
bulanan maksimum adalah sebesar NT$ 1,500. Biaya ini meliputi
layananan berikut - Agensi tidak dapat menuntut biaya tambahan atas:
- Penjemputan di bandara dan keberangkatan/bantuan pulang kampung.
- Transportasi dan makanan selama pemeriksaan kesehatan.
- Pembuatan KTP Taiwan.
- Pengenalan tempat kerja.
- Bantuan untuk pindah majikan.
- Makanan dan tempat tinggal dalam ‘masa tunggu’ untuk mendapatkan
ke majikan baru.
- Mediasi/perdamaian antara pekerja dan majikan.
- Pengisian dokumen pajak atau dok. lain untuk instansi/kantor.
- Bantuan di bidang perbankan dan pengiriman uang, jika perlu.
3. Adalah ilegal kalau atasan Anda memotong biaya layanan agensi dari
gaji Anda. Anda harus membayar agensi sendiri. Mintalah kwitansi
sebelum membayar biaya tersebut.
4. Agensi Anda tidak dapat meminta Anda untuk menandatangani
kontrak lain untuk pemotongan lebih lanjut. Jika Anda telah
menandatangani kontrak seperti itu,
** ANDA DIIJINKAN UNTUK MEMBELI TIKET PESAWAT DARI
SUMBER LAIN.**
CLA ITU SIAPA?
CLA (Dewan Urusan Pekerja) adalah departemen tenaga kerja pemerintah
Taiwan di Taipei. Mereka mengeluarkan peraturan berkenaan
dengan lapangan kerja dan tata kelola buruh migran. Setiap
majikan yang mempekerjakan buruh migran membutuhkan ijin dari
CLA, dan setiap pindah kerja harus mendapat persetujuan dari
CLA.CLA juga mengatur pengesahan untuk agen tenaga kerja.
Pengaduan tentang agensi bisa dikirim secara langsung ke CLA.
Setiap pemerintah kota atau daerah di Taiwan memiliki BLA (Biro
Urusan Tenaga Kerja) dengan salah bagian untuk pekerja migran
yang disebut Pusat Konsultasi Pekerja Asing. Lembaga ini
mempekerja-kan orang-orang yang bisa berbahasa Inggris dan
bahasa Nasional dari para buruh migran yang ada di Taiwan.
Pengaduan tentang majikan dan agensi dapat didokumentasikan di
BLA. Mereka juga mengawasi majikan dan buruh migran untuk
memastikan apakah peraturan CLA dipatuhi. Hanya BLA yang ada
di daerah Anda yang dapat menangani pengaduan Anda.
PUSAT PELAYANAN CLA DI BANDARA
Bhs. Indonesia: 0800 -885958
Bhs. Inggris : 03-3989002// 03-3983976
Bhs. Vietnam : 0800-017858
Bhs. Thailand : 0800-885995
24 jam Jalur Khusus CLA
Jalur khusus CLA #1955 menyediakan 24 jam sehari dan 365 hari
dalam setahun bimbingan konseling dalam bahasa Inggris,
Vietnam, Indonesia dan Thailand. Jalur ini bebas pulsa
Comments
Post a Comment