Permasalahan dan penyelesaian
Beberapa permasalahan yang ada di Taiwan:
Permasalahan:
1. Slip gaji atau kwitansi pembayaran dalam satu bahasa yakni bahasa mandarin.
Peraturan:
Menurut Pasal 21 dari “panduan ijin kerja dan pengawasan orang asing”,
majikan harus menyediakan kwitansi pembayaran secara terperinci
dalam bahasa Cina dan dalam bahasa negara asal pekerja. Kwitansi
pembayaran ini harus mencakup semua bagian dari upah dan semua
potongan.
Penyelesaian:
- Langkah pertama adalah mencoba membicarakan baik-baik dengan majikan dan agency agar diberikan slip gaji dengan bahasa Indonesia sesuai dengan peraturan yang ada.
- Kalau tidak ada tanggapan langkah selanjutnya adalah mencoba menelp ke 1955 bilang pengaduan, dicatat nama yang menerima dan jam berapa melapornya, lakukan sampai 3x.
-Apabila Tidak ada tanggapan laporkan ke KDEI, karena mereka yang bisa mendesak pemerintah Taiwan untuk memperbaiki sistem dan menegur majikan serta agencynya.
2.Permasalahan
- Agency jarang datang kerumah majikan pekerja dan menarik biaya agency atau agency fee dimuka atau sekali untuk satu tahun.
Peraturan:
Seharusnya agency minimal datang sebulan sekali untuk menarik biaya service agency dan melihat kondisi pekerja atau konsumennya.
Penyelesaian:
- Coba bicarakan baik-baik dengan majikan agar memberikan biaya service agency tidak dilakukan sekali dalam setahun tetapi setiap bulannya agar agency datang setiap bulan ke rumah majikan.
- Kalau tidak ada tanggapan langkah selanjutnya adalah mencoba menelp ke 1955 bilang pengaduan, dicatat nama yang menerima dan jam berapa melapornya, lakukan sampai 3x.
-Apabila Tidak ada tanggapan laporkan ke KDEI, karena mereka yang bisa mendesak pemerintah Taiwan untuk memperbaiki sistem dan menegur majikan serta agencynya.
3. Permasalahan
Agency meminta biaya transportasi untuk pengantaran ke bandara, meminta bayaran menginap di penampungan agency ketika menunggu majikan baru dll
Biaya yang dibayarkan setiap builannya untuk service agency besarnya NT$ 1,800 untuk tahun pertama; tahun kedua: NT$ 1,700; dan tahun ketiga: NT$ 1,500 ini meliputi:
- Penjemputan di bandara dan keberangkatan/bantuan pulang kampung.
- Transportasi dan makanan selama pemeriksaan kesehatan.
- Transportasi Pembuatan KTP Taiwan.
- Pengenalan tempat kerja.
- Bantuan untuk pindah majikan.
- Makanan dan tempat tinggal dalam ‘masa tunggu’ untuk mendapatkan
ke majikan baru.
- Mediasi/perdamaian antara pekerja dan majikan.
- Pengisian dokumen pajak atau dok. lain untuk instansi/kantor.
- Bantuan di bidang perbankan dan pengiriman uang, jika perlu
Penyelesaian:
- Coba bicarakan baik-baik dengan agency agar tidak menarik biaya transportasi, kalau tetap MINTALAH BUKTI KUITANSI PEMBAYARAN (HARUS ADA JUMLAH UANG DAN FUNGSINYA UNTUK PEMBAYARAN APA)--> sebagai bukti ke CLA nanti.
- Kalau tidak mau maka langkah selanjutnya adalah mencoba menelp ke 1955 bilang pengaduan, dicatat nama yang menerima dan jam berapa melapornya, lakukan sampai 3x.
-Apabila Tidak ada tanggapan laporkan ke KDEI, karena mereka yang bisa mendesak pemerintah Taiwan untuk memperbaiki sistem dan menegur agencynya.
Comments
Post a Comment